GOOGLING..!

Selasa, 13 Maret 2012

Referensi Pertanian Bogowonto Purworejo




Buku Bertani Padi Organik Pola Tanam SRI, meningkatkan hasil panen agar terus meningkat dan meningkat lagi. Gambar sampul buku ini adalah foto yang menunjukkan seorang ibu tani sedang menanam padi dengan pola tanam SRI (System of Rice Intensification) di desa Cijambe, kabupaten Subang. Cetakan pertamanya Januari 2010, oleh Penerbit Padi Bandung. Walaupun judulnya Bertani Padi Organik Pola Tanam SRI namun isi buku ini tidak hanya memaparkan tata cara tanam SRI saja tetapi mengupas hal lainnya yang terkait sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang utuh.
Bab 1 Beras sebagai komoditi penting dunia
Bab 2 Problematika pertanian di Indonesia
Bab 3 Tumbuhan padi dan sifat-sifatnya
Bab 4 Unsur hara, hama dan penyakit utama pada tumbuhan padi
Bab 5 Tanah sebagai unsur yang penting
Bab 6 Kompos beserta pembuatannya, dilengkapi dengan dasar-dasar pengetahuan mengenai mikroorganisme beserta teknis perbanyakannya
Bab 7 Ekosistem
Bab 8 Sistem pertanian organik termasuk sistem pertanian terintegrasi
Bab 9 Pola tanam SRI
Bab 10, 11, 12 Bab lengkap yang memuat pertanyaan umum dari komunitas pertanian tentang pertanian organik SRI
Buku Bertani dengan Akal dan Nurani juga salah satu buku alternatif dengan teknik paparan secara bercerita.


Barangkali ini adalah salah satu buku yang ditunggu-tunggu masyarakat , khususnya petani masa depan Indonesia yang saat ini memang sangat membutuhkan referensi-referensi yang rada populer. Buku termasuk salah satunya, jikalau saja di media sosial kurang merasa valid.

'Ceritanya', ada kondisi bahwasanya degradasi lahan pertanian menyebabkan ketersediaan pangan (terutama beras) cenderung semakin tidak seimbang dengan laju pertumbuhan penduduk. Oleh karena itu, budi daya tanaman padi dengan metode System of Rice Intensification (SRI) hadir sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam praktiknya di Indonesia, metode SRI telah mendapatkan tambahan pengalaman dan penyempurnaan, yang kemudian disebut SRI Organik Indonesia. Selain berhasil meningkatkan produktivitas rata-rata padi dari 4—5 ton/ha menjadi 8—12 ton/ha, penerapan metode SRI Organik Indonesia juga cenderung bersifat ramah lingkungan dan berkelanjutan. Seluk-beluk metode SRI Organik Indonesia dibahas secara tuntas dalam buku ini. Mulai dari landasan teori hingga tahapan praktik di lapangan. Tidak lupa pula dijelaskan mengenai pembuatan kompos dan mikroorganisme lokal (MOL) yang merupakan inti dari metode SRI Organik Indonesia.

0920 SRI Datang Membawa Peluang
View more presentations from SRS Program, CIIFAD, Cornell University
Referensi lain berasal berupa 'e-book', seperti: Buku Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Pupuk Organik, yang diharapkan dapat dijadikan acuan untuk menyusun Juklak oleh Dinas Pertanian Provinsi dan Juknis oleh Dinas Pertanian Kabupaten/Kota yang akan digunakan sebagai acuan untuk pelaksanaan kegiatan. Pedoman Teknis Pengembangan SRI TA. 2011, yang dimaksudkan untuk memberikan acuan umum bagi para petugas Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi, Kabupaten/Kota dan petugas lapangan dalam melaksanakan kegiatan Pengembangan SRI (System of Rice Intensification) yang dananya bersumber dari dana APBN TA 2011. Buku Pedoman Teknis Pengembangan Pupuk Organik Tingkat Kabupaten/Kota TA. 2012, yang dimaksudkan untuk memberikan acuan dan panduan bagi petugas pelaksana terkait, khususnya petugas Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan pupuk organik. Para petugas tersebut diharapkan dapat mempelajari, mencermati dan memahami pedoman teknis ini sehingga tidak akan terjadi keraguan dalam implementasi kegiatan di lapangan dan mempermudah gerak dan langkah dalam melaksanakan kegiatan yang pada akhirnya dapat dicapai kinerja yang optimal. Buletin Organis, diterbitkan oleh Aliansi Organis Indonesia (AOI), sebuah organisasi masyarakat sipil, yang dibentuk oleh sejumlah LSM, akademisi, organisasi tani, koperasi, peneliti, dan pihak swasta yang bergerak di bidang pertanian organik dan fair trade di Indonesia. [ Sumber: SlideShare, YouTube, Deptan ] Tulisan terkait: #Integrasi #Pertanian #Bogowonto #Purworejo #Menikmati #Bogowonto #Pertanian #Purworejo #Menguliti #Pertanian #Bogowonto #Purworejo #Mengenali #Pertanian #Bogowonto #Purworejo
Posting Komentar