GOOGLING..!

Senin, 19 Maret 2012

Purworejo Mengenang Sang Komposer

19 Maret 2012, hari ini, sejumlah warga Purworejo turut serta dalam aktivitas untuk mengenang WR Soepratman. WR Soepratman dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1903 di Dusun Trembelang Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Beberapa liputan media, tersaji di bawah ini.


Untuk memperingati hari kelahiran komponis Wage Rudolf Soepratman pada 19 Maret 1903, seluruh instansi dan sekolah di Kabupaten Purworejo melaksanakan apel luar biasa, Senin (19/3). Di Setda dan DPPKAD, apel luar biasa dilaksanakan di halaman Setda, dipimpin Plt Asisten III Sekda Drs Sigit Budi Mulyanto MM.

Bupati Purworejo dalam sambutannya yang dibacakan Drs Sigit Budi Mulyanto MM mengungkapkan sejarah tempat dan tanggal lahir WR Soepratman pernah menjadi kontroversi dalam sejarah kehidupan Bangsa Indonesia.

Namun tabir yang menyelimuti kebenaran sejarah tempat tanggal lahir Pahlawan Nasional Pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya itu telah tersingkap dengan menampakkan fakta historis, seiring perjalanan waktu yang panjang. Banyak pakar sejarah, guru sejarah, para budayawan, pemerhati Sejarah Nasional yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah berupaya dan berjuang tiada henti untuk meluruskan tempat dan tanggal lahir WR. Soepratman.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah, saya memberikan penghargaan yang tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memperjuangkan Sejarah Tempat Tanggal Lahir WR. Soepratman,”ungkapnya.

Kepastian kebenaran kelahiran WR Soepratman tertuang dalam Penerbitan Putusan Penetapan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor : 04/Pdt/P/2007/PN Pwr Tanggal 29 Maret 2007 tentang Penetapan Tempat Tanggal Lahir WR SOEPRATMAN pada hari Kamis Wage Tanggal 19 Maret 1903 di Dukuh Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.


PURWOREJO (KRjogja.com) – Hari lahirnya komponis besar WR Soepratman, 19 Maret 1903 di Kabupaten Purworejo, diperingati dengan apel luar biasa oleh seluruh jajaran dinas dan instansi pemerintah serta sekolah, Senin (19/3). Untuk lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) dipusatkan di halaman kantor bupati setempat.

Bupati Purworejo dalam sambutannya yang disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Assisten III Sekda Drs Sigit Budi Mulyanto MM menandaskan, bahwa sejarah tempat dan tanggal lahir WR Soepratman pernah menjadi kontroversi dalam sejarah kehidupan Bangsa Indonesia. Namun tabir yang menyelimuti kebenaran sejarah tempat tanggal lahir Pahlawan Nasional Pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya itu telah tersingkap dengan menampakkan fakta historis, seiring perjalanan waktu yang panjang.

“Banyak pakar sejarah, guru sejarah, para budayawan, pemerhati sejarah nasional yang bekerjasama dengan pemerintah daerah berupaya dan berjuang tiada henti untuk meluruskan tempat dan tanggal lahir WR Soepratman,” tandasnya.

Kepastian kebenaran kelahiran WR Soepratman katanya, tertuang dalam penerbitan putusan penetapan Pengadilan Negeri (PN) Purworejo Nomor : 04/Pdt/P/2007/PN Pwr Tanggal 29 Maret 2007 tentang penetapan tempat tanggal lahir WR Soepratman pada hari Kamis Wage Tanggal 19 Maret 1903 di Dukuh Trembelang Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Purworejo. (Nar)

Selain aktivitas yang berlangsung hari ini, berikut ini adalah aktivitas yang akan berlangsung.


Assalamu'alaikum dulur tempur...
Ayo ikut #JalanJalanTempur lur! Kita jalan-jalan bareng dulur-dulur TEMPURMANIA biar makin akrab dan kompak.
Kapan dan kemana? Baca dengan teliti ya lur --->
hari, tanggal: MINGGU, 1 APRIL 2012
waktu: pkl 07.30 WIB
tempat tujuan: KALIGESING (Curug, rumah tempat kelahiran WR Soepratman, Goa Seplawan)
Jadi selain jalan-jalan, kita bisa wisata & ekspedisi sejarah.
Yang mau ikut, Minggu (1/4) pagi jam 7.00 WIB kumpul di TBA.
Jangan lupa pakai atribut tempur (kaos & syall bagi yg sudah punya). Bagi yg belum punya, bisa beli di Barak Tempur http://facebook.com/​baraktempur atau pakai kaos/baju warna MERAH.
Transportasi: pakai motor (bagi yg tidak punya motor bisa bonceng temannya)
Ayo kita sama-sama berkunjung ke tempat wisata yang ada di Purworejo...
Kalau bukan kita yang peduli, lalu siapa lagi?

Mari kita tunggu aktivitas-aktivitas lainnya. [20120319]