GOOGLING..!

Jumat, 17 Agustus 2012

#MENIKMATI #DESTINASI #MENGGAGAS #IDECERDAS

Tak berlebihan kiranya, kalau musim libur lebaran kali ini kita berharap dan berupaya untuk memanfaatkannya lebih baik, ketimbang musim-musim sebelumnya, atau juga ketimbang teman-teman kita yang lain. Terlebih Anda yang baru pertama kalinya berkunjung di kota ini, Purworejo. Kota ini sering dijuluki menjadi kota pensiunan, kota pramuka, kota para pahlawan dan sebagainya. Tentu kenangan yang manis yang senantiasa kita harapkan, bukan sebaliknya. Iya, kan?

Banyak kritikan tertuju ke pengelola kota ini, khususnya terkait dengan destinasi wisatawan. Sekian banyak potensi yang selayaknya bisa dikembangkan dan dikelola secara profesional, belum mencapai hasil seperti yang diharapkan masyarakat luas. Banyak pula warga masyarakat yang secara sadar turut berupaya untuk memperkenalkannya ke khalayak lebih luas, kendatipun dengan segala keterbatasan yang ada. Optimis, demikian semangat untuk terus dikobarkan.

Nah, sekarang, bagaimana cara kita memanfaatkan musim liburan lebaran ini di destinasi yang ada di kabupaten Purworejo? Mari kita cari informasi dan referensi-nya satu demi satu. :)


Pantai Jatimalang
Wisata Pantai Jatimalang yang merupakan tempat berlibur bertema pantai ini bisa Anda temukan di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, 18 km dari pusat Kota Purworejo, merupakan pantai laut selatan dengan gazebo, tempat pelelangan ikan dan warung makan. (1)


Pantai Ketawang 
Wisata Pantai Ketawang tidak kalah inidahnya jika dibandingkan dengan pantai Pantai Jatimalang, Anda bisa menemukan tempat wisata ini di desa Ketawang, Kecamatan Grabag, 18 km dari Purworejo, merupakan pantai Selatan dengan debur ombaknya yang khas.


Tampak nameboard Museum Tosan Aji, pandangan dari arah depan (Jl. Mayjend. Sutoyo)


Tampak nameboard Museum Tosan Aji, di tepi kolam taman halaman depan MTA
[Image:@AsliPoerworedjo]

Museum Tosan Aji
Wisata Museum Tosan Aji berlokasikan di Jl. Mayjend. Sutoyo, di selatan alun-alun, dengan koleksi keris, tombak kuno dan modern, yoni, lingga dan benda arkeologis lainnya. (1)


Tampak tiang bendera dan dua pohon beringin, Alun-alun dari arah selatan


Tampak Monumen Peringatan 5 Taoen Merdeka dan Alun-alun dari arah utara
[Image:@Dhenisty1187]

Alun-Alun Purworejo
Wisata alun-alun Purworejo ini terletak di pusat kota Purworejo, yang digunakan untuk kegiatan olah raga di pagi hari, tempat jajan dan tempat nongkrong di malam hari (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7).


Ekspresi anak-anak di TBA Purworejo

TBA Purworejo
TBA adalah Taman Bermain Anak, terletak di sebelah barat Pendopo Kabupaten Purworejo. Saat sore atau malam menjadi salah satu tempat alternatif anak-anak mencoba dan menjadi pelanggan penyedia jasa mainan anak-anak. (1, 2, 3)

Benteng Pendem
Wisata Benteng Pendem bisa anda temukan di dukuh Kalimaro, dusun Bapangsari, desa Krendetan, kecamatan Bagelen, di perbukitan, peninggalan tentara Jepang yang dibangun pada 1945.

Goa Seplawan
Wisata Goa Seplawan ini lokasinya berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, 20 km dari Kota Purworejo, berhawa sejuk, dengan ornamen stalaktit, stalagamit, panjang 700 m dan berdiameter 15 m.

Masjid Santren Bagelen
Wisata Masjid Santren Bagelen terletak di Dusun Santren, Desa Bagelen, Bagelen, didirikan pada 1618, berarsitektur Jawa dengan atap tajuk tumpang satu, dibangun sebagai hadiah Sultan Agung.


Masjid Agung Purworejo tempoe doeloe
[Image:@UKMPurworejo]

Masjid Agung Purworejo
Wisata Masjid Agung Purworejo ini terletak di Jl. Mayjend Sutoyo, di depan Alun-alun kota, dengan Bedug Pendowo berdiameter 2 m yang dibuat dari kulit Banteng pada 1762 Saka/1834 M.

Masjid Al-Iman Loano
Wisata Masjid Al-Iman Loano berada Desa Loano, Kecamatan Loano, didirikan sebelum Masjid Demak, pada puncak masjid yang disebut Mustaka terdapat kayu penunjuk yang dapat berubah-ubah arah.

Petilasan Nyai Bagelen
Wisata Petilasan Nyai Bagelen terletak di Desa Bagelen, 12 km dari Kota Purworejo. Nyai Bagelen atau Roro Bang Wetan adalah istri Paneran Awu-awu yang konon mukso di tempat ini.

Curug Jeketro Purworejo
Objek Wisata Curug Jeketro yang merupakan objek wisata bertema air terjun ini bisa Anda temukan di di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, 11 km dari Kota Purworejo, dengan ketinggian air terjun 15 m; terdapat 3 air terjun yang masing-masing berjarak 200 m.

Curug Silangit
Objek Wisata Curug Silangit ini terletak di Kecamatan Kaligesing, 20 km dari Kota Purworejo, dengan suasana lingkungan curug yang masih asli.

Geger Menjangan
Tempat Wisata Geger Menjangan ini terletak di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, di ketinggian 200 m dpl, 1 km dari Kota Purworejo, dengan pemandangan kota berlatar Laut Selatan, Sumur Tiban dan kolam renang. (1)

Gereja Belanda
Tempat Wisata Gereja Belanda keberadaannya bisa anda temukan di depan Alun-alun kota Purworejo, dibangun pada jaman Belanda sekitar tahun 1879 – 1880, sekarang bernama GPIB.

Nah, jangan lupa untuk selalu bertanya (kepada guider atau nara sumber lain) dan bertanya-tanya  (mengolah informasi dan referensi tadi) untuk kita kembangkan lebih lanjut. Secerdas mungkin. :)