GOOGLING..!

Jumat, 01 Juni 2012

Iwan Fals ke Purworejo?


Iwan Fals ke Purworejo? Konser? Kira-kira demikian tanya penuh selidik khas getok tular di sekeliling kita, di Purworejo. Setelah memang konser itu terselenggara, lebih-lebih kita memang sempat menyaksikannya langsung di alun-alun, kita puas, tak sekadar percaya.

1 Juni 2011, itu saat Iwan Fals dan teman-teman pertama kalinya tercatat bermain musik di kota ini, Purworejo. Berikut ini, catatan dari blog sebelah:


Patah demi patah kalimat para pekicau (sebutan untuk pengguna twitter) di Purworejo tempo hari, membuat penasaran saja. Apa pasal? Disebut-sebut Iwan Fals bakal hadir di Purworejo. Acara? Nyanyi? Konser? Silaturahmi? Atau cuma lewat dan berhenti sejenak? Satu demi satu twit-twit penjelas twit-twit sebelumnya pun kian nyaring. Insya Allah, 1 Juni 2011, Alun-alun Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia, Asia!
Informasi tentang Iwan Fals bisa zMania ikuti via http://facebook.com/iwanfals. Tak kurang 1.404.040 (kami pantau sekitar pukul 15.30 tadi) people telah menyukainya! zMania juga bisa ikuti http://facebook.com/tigarambu yang mengelola manajemennya. Entah karena apa, tadi kami belum bisa mengakses lagi http://www.iwanfals.co.id. Harapannya, ada banyak referensi!
Iwan Fals manggung di Purworejo, adalah hal langka. Alangkah baiknya kehadiran sosok salah satu ‘tokoh kelas Asia’ versi Time itu, dimanfaatkan secara bijak. Kita bisa menikmati sajian musik, mengalami secara langsung di lapangan, berinteraksi dengan komunitasnya, atau sampai merepresentasikannya ke twitterland.
Lantas, apa saja yang perlu disiapkan untuk bergabung di Alun-alun terbesar di tanah air itu? Ada yang hendak berbagi? Yuk.. (indiesore)


Xtraligi Kunjungan Spiritual Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur ke Pesantren, demikian nama yang disematkan pada rangkaian aktivitas yang didukung Djarum Coklat Extra ini. Dari akun Twitter @TigaRambu disebutkan, bahwa Tour Pesantren Iwan Fals ini Insya Allah bisa mengunjungi 99 pesantren di tanah air. Aktivitas ini sudah dimulai tahun lalu. Purworejo menjadi kota ke-54 setelah tiga hari sebelumnya secara berturut-turut mengunjungi kota Kudus (28/05), Solo (29/05) dan Sleman (31/05). Purbalingga adalah kota berikutnya, hari ini (02/06). Dalam kunjungannya di Purworejo, berbagai aktivitas dilaksanakan di Pondok Pesantren Bulus.
Selain Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur, Xtraligi juga menampilkan sekaligus Ki Enthus Susmana yang selama ini kita kenal sebagai seorang dalang wayang golek dan Dr Zastrow Al Ngatawi yang seorang religius! ‘Empat nama’ kunci tersebut lantas menjadi komunikator yang piawai menyampaikan pesan, hangat dan menghibur. Tiap jeda Iwan Fals nyanyi diiringi Ki Ageng Ganjur, Dr Zastrow menafsirkan lirik-lirik Iwan Fals yang berhubungan dengan Ayat Suci. Ki Enthus pun tangkas membangun potongan demi potongan cerita lewat wayang goleknya. Pesan baik yang dikemas dengan cerdas, terpadu dan menghibur. Pantas saja suasana yang dibangun bukan ‘melulu’ musik, bukan ‘melulu’ ‘ngaji’.
Sebelum tampil di panggung, Xtraligi juga mengadakan serangkaian aktivitas di pondok pesantren. Penanaman 1000 pohon secara simbolis, dialog budaya atau juga bertemu media. Ini yang menjadikan Tour Pesantren Iwan Fals ‘lebih bergema’. Boleh dibilang gemanya sampai ke hati, misalnya ajakan menanam pohon dilakukan secara nyata (realitas sosial) dan juga melalui ‘Tanam Siram Tanam’ dari atas panggung (realitas media). Di Purworejo, ujar Iwan Fals, masih terdapat banyak pohon lebat! (maaf, subuhan dulu ~ indiepagi)

Satu tahun berlalu, adakah tontonan 'maha dahsyat' yang segera mempertontonkan diri di alun-alun kembali? 

[Foto:Masgarenk|z104]