GOOGLING..!

Selasa, 24 Juli 2012

Tertarikkah Anda pada Pinterest?



Beberapa waktu lalu diberitakan, situs ini menggapai 10 juta unique visitor per bulan di Amerika. Dengan angka tersebut, ia menjadi situs independent yang pertumbuhannya paling cepat dibanding situs-situs lain.

Penasaran bagaimana memakai media sosial ini? Berikut langkah dasarnya, seperti dilansir DigitalArtsOnline, Rabu (15/02/2012):

1. Yang pertama harus diketahui mengenai Pinterest adalah ia merupakan bulletin board berbasis web, tempat orang berbagi foto atau pernak pernik lainnya yang disukai dalam penanda bernama 'pin'.

2. Sejauh ini situs tersebut hanya terbatas pada mereka yang sudah di-invite. Minta teman Anda yang sudah memiliki akun di sini untuk mengundang Anda. Atau bila tidak, kirimkan request dan submit alamat email Anda ke Pinterest langsung.

3. Meski tanpa sign-in, Anda juga bisa berselancar dan mengagumi 'pin-pin' yang diposting orang lain. Secara default, Pinterset menyuguhkan kepada peselancar kumpulan pin secara random: food, fashion, product, sport, travel, dan lain-lain. Namun Anda bisa berfokus pada konten tertentu dengan mengklik kategori khusus yang terdapat di menu bagian atas.

4. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa melakukan 'pin' pada item-item yang menurut Anda menarik, melalui beberapa cara. Pertama, klik button Add + kemudian klik Upload a Pin jika Anda ingin memposting file dari komputer Anda. Jika file yang ingin Anda unggah berasal dari sebuah situs, pilih 'Add a Pin' dan masukkan URLnya di kolom yang disediakan.

5. Untuk mengkategorikan item-item favorit, Anda dipersilakan untuk menciptakan board yang bisa diberi judul sesuai topik dari koleksi pin yang Anda kumpulkan. Semisal: Architecture, Food, atau yang lainnya.

6. Seperti halnya media sosial, Anda dimungkinkan untuk memfollow orang lain, membubuhkan komentar dan tanda 'like' di pin yang ada.

Pinterest dirilis pada Maret tahun 2010 oleh sebuah tim yang berbasis di Palo Alto, California. Saking banyaknya yang mengakses situs ini, ia mengumpulkan referral traffic lebih banyak dari kombinasi YouTube, Google+ dan LinkedIn.

Bagi Anda yang senang bereksperimen dengan jejaring sosial baru, sekarang saatnya mencoba situs "online pinboard" Pinterest.

Jejaring sosial baru ini membuat pengguna memiliki semacam kumpulan link website, yang terorganisir dalam kategori yang bisa dikreasikan sendiri dengan berbasiskan gambar/foto.

Pinterest merupakan jejaring sosial yang mengusung konsep sharing papan pin virtual yang memungkinkan pengguna mengoleksi apa pun yang ia sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain.

Kumpulan gambar, foto, atau link website yang disebut "pin" ini akan masuk ke sebuah "board" dengan kategori yang telah dibuat sebelumnya. Setiap "pin" akan diwakili oleh gambar yang pengguna pilih.

Kemudahan Pinterest yang menyediakan sistem bookmark dilengkapi dengan integrasi sosial media, adalah daya tarik layanan ini.

Pinterest merupakan perusahaan start-up digital yang mendapat gelar Best New Startup TechCrunch tahun 2011 lalu. Pada Desember 2011, Pinterest sudah mencatat 7 juta unique visitor dalam satu bulan. Menurut Comscore, Pinterest adalah situs independen yang mengalami pertumbuhan paling cepat karena mencatat 10 juta unique visitor di AS setiap bulannya.

Hanya tinggal menunggu waktu untuk menyaksikan bagaimana orang-orang ketagihan situs Pinterest. Demikian detikInet.

Mengapa Pinterest begitu digemari? Berdasarkan penelusuran kompas.com, jejaring sosial ini memiliki gabungan kemudahan yang ditawarkan oleh jejaring sosial lain, yakni:
  • Sistem jaringan sosialnya menggunakan "follow" dan "unfollow" seperti Twitter. 
  • Bookmark link (atau dinamakan pin) menggunakan konsep seperti tombol "+" seperti yang digunakan Google Plus. 
  • Link yang sudah di-pin otomatis akan masuk ke "board" pengguna (mirip halaman profil atau Timeline Facebook). 
  • Dalam setiap postingan, akan ada tombol "Comment" dan "Like" seperti Facebook, dilengkapi tombol untuk "Repin" (mirip fungsi "Retweet" di Twitter). 
  • Setiap kali ada yang melakukan "Repin", "Comment", atau "Like" di postingan Anda, akan terdapat notifikasi yang masuk ke alamat email yang terdaftar. Sehingga Anda bisa mengikuti perkembangan Pinterest tanpa harus login ke website jika sedang sibuk. 
  • Login yang sangat mudah, bisa menggunakan akun Twitter atau Facebook, atau bisa juga dengan membuat akun Pinterest baru. 
  • Pinterest bermanfaat bagi blogger untuk mempromosikan tulisannya, juga bagi pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produknya. 
  • Pencarian yang dilakukan pengguna Pinterest sudah terkotak-kotak berdasarkan kategori, sehingga bagi kalangan pebisnis, hal ini menguntungkan karena pelanggan lebih fokus 
Penasaran ingin mencoba? Mulailah dengan masuk ke halaman awal Pinterest.com lalu klik tombol "Request an Invite". Masukkan alamat email Anda, lalu klik lagi tombol "Request invitation". Sistem akan mengirimkan undangan ke alamat email yang Anda daftarkan. Buka email dan klik link yang dikirimkan ke email. Ikuti petunjuk dari link tersebut.

Bila tidak ingin berlama-lama menunggu undangan dari Pinterest, Anda dapat minta di-invite oleh rekan yang sudah memiliki akun Pinterest sebelumnya.

Bila sudah daftar atau punya akun Pinterest, yang pertama perlu dilakukan adalah memindahkan (men-drag) tulisan "Pin It" ke tombol bookmark Anda di kanan atas browser. Ini berguna memudahkan membuat "Pin" dari website yang ingin Anda simpan atau bagi.

Selamat mencoba!

[z104]
 

Tidak ada komentar: