GOOGLING..!

Rabu, 21 Maret 2012

Menikmati Topscorer Sepanjang Barcelona

Lionel Messi, pemain sepakbola FC Barcelona asal Argentina itu, kini sedang dalam posisi publisitas sangat tinggi. Pasalnya, jutaan penikmat sepakbola sejagat sedang turut menanti adegan-adegan yang dibuatnya di lapangan hijau, termasuk torehan tinta emas jelang subuh dini hari tadi, catatan sebagai pencetak gol sepanjang masa di klubnya itu. Sebuah gelar yang langka. Hingga kita penikmatnya, 'diapresiasi' sebagai saksi sejarah. Silakan untuk menikmati beberapa rekaman tentang Lionel Messi, topscorer sepanjang masa Barca. :)

Catatan Gol Messi Dekati Cesar Rodriguez

VIVAbola - Catatan gol Lionel Messi di Barcelona ternyata masih di bawah sang legenda Catalan, Cesar Rodriguez. Namun, Messi berpeluang besar melewati catatan Cesar karena hanya tertinggal satu gol dari Cesar.

Menurut kajian Pusat Dokumentasi dan Studi Barcelona yang bekerja sama dengan surat kabar La Vanguardi, catatan gol Cesar untuk Barcelona di segala ajang mencapai 232 gol dari 235 laga. Sementara itu, Messi mengoleksi 231 gol dari 313 laga.

Secara rata-rata, Messi memang masih kalah tajam dengan mendiang bintang Barcelona di era 1940-1950-an itu. Namun, Messi menorehkan gol itu hanya dalam kurun waktu delapan musim, sedangkan Cesar dengan 13 musim.

Messi yang musim ini telah mencetak 51 gol di semua ajang berpeluang menyamai torehan gol Cesar saat Barcelona menjamu Granada di ajang La Liga, dini hari nanti.

"Setelah melakukan studi pada semua pertandingan Cesar, maka Messi kini tertinggal satu gol di belakangnya," tulis pernyataan resmi Blaugrana.

Lalu, siapa pencetak gol tersubur dalam sejarah panjang Barcelona? Jawabannya adalah mendiang Paulino Alcantara yang membela Barca dari 1912-1927. Striker Spanyol kelahiran Filipina ini total mencetak 369 gol dalam 357 laga Barcelona. (art)


Gol ke-232 dalam laga ke-314


Gol ke-233 dalam laga ke-314


Gol ke-234 dalam laga ke-314


Messi, Top Skor Barcelona Sepanjang Masa


VIVAbola - Lionel Messi mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol tersubur Barcelona sepanjang masa setelah mencetak hattrick saat Barca menumbangkan Granda 5-3, Selasa, 20 Maret 2012. Pemain 24 tahun itu mematahkan rekor yang telah bertahan sejak 1955.

Seperti dilansir situs resmi Barcelona, rekor sebelumnya dipegang oleh pemain legendaris Cesar Rodriguez yang menorehkan 232 gol. Namun kini rekor tersebut berhasil dipatahkan Messi setelah hattricknya saat menghadapi Granada menambah pundi golnya menjadi 234.

234 gol tersebut dicetak Messi dari 314 laga yang ia lakoni bersama Barca selama delapan musim. Di awal karirnya pada 2004-2005, torehan striker timnas Argentina itu sebenarnya masih terbilang seret karena hanya mencetak satu gol.

Namun di musim-musim berikutnya Messi terus melaju tak terhentikan untuk mencetak gol. Di tiga musim terakhir, Messi bahkan menggila dengan mencetak 154 gol. Usianya yang masih terbilang belia, 24 tahun membuat Messi berpeluang terus menambah pundi-pundi golnya.


Rekor Gol Messi dalam Angka

Lionel Messi, dalam usia 24 tahun, berhasil menahbiskan diri menjadi top skorer sepanjang masa Barcelona untuk pertandingan resmi. Dia memecahkan rekor yang dibuat Cesar Rodriguez yang bertahan sejak 1955.

Tambahan tiga gol ke gawang Granada, Selasa (20/3), membuat catatan gol Messi menjadi 234. Unggul dua gol atas Cesar.

"Messi telah menjadi penanda sebuah era. Dia akan menjadi yang terbaik," puji kiper Victor Valdes. "Saya sangat senang bisa mengalahkan rekor mendiang suami. Sebab, Messi adalah sosok yang baik seperti halnya suami saya dulu," ujar istri mendiang Cesar Rodriguez.

Selain mencetak rekor gol secara total, Messi juga mencatatkan diri sebagai pemain pertama sepanjang sejarah Liga Spanyol yang bisa mencetak 54 gol semusim untuk seluruh laga kompetitif. (jalu)

Serba-Serbi Gol Messi
18 - Atletico Madrid menjadi tim yang paling sering dijebol Messi. Total 18 gol. Diikuti Sevilla (14) dan Real Madrid (13).
31 - Dani Alves adalah pemain yang paling banyak memberikan assist dengan 31 umpan kepada Messi. Jauh meninggalkan Xavi Hernandez (24) dan Andres Iniesta (17).
132 - Dari total gol Messi di seluruh laga kompetitif, sebanyak 132 di antaranya diciptakan di Camp Nou. Di laga tandang, dia mencetak 94 gol dan 8 gol sisanya di tempat netral.
153 - Itu adalah jumlah gol yang dilesakkan Messi di La Liga. Rekor gol Messi di masing-masing kompetisi: 49 (Liga Champions), 19 (Copa del Rey), 8 (Piala Super Spanyol), 4 (Piala Dunia Antarklub), dan satu gol di Piala Super Eropa.
185 - Messi memang dibekali dengan kemampuan kaki kiri yang lebih kuat. Tak heran, 185 dari 234 golnya dibuat dengan kaki dominannya itu. Sisanya, 37 gol melalui tendangan kaki kanan, 10 sundulan, dan dua sisanya melalui bagian tubuh lain.

Sumber: Viva Bola, YouTube, duniasoccer